Cara Mengatasi HP Masuk Air

HP yang tersiram atau tercebur ke dalam air tentu membuat siapa saja akan merasa panik karena bisa mengalami kerusakan yang parah. Untuk itulah, Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi HP masuk air untuk menghindari kerusakan yang parah.

Daripada panik, lebih baik Anda melakukan hal-hal untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada ponsel. Berikut ini adalah penjelasan tentang cara yang mudah dan tepat jika Anda menjumpai HP tersiram atau tercebur ke dalam air.

Cara Mudah Mengatasi HP Masuk Air untuk Menghindari Kerusakan Parah

Jika HP Anda kemasukan air, jangan panik. Lakukan cara berikut untuk mengatasi kerusakan yang parah:

1. Segera Matikan Ponsel

Hal pertama yang wajib Anda lakukan setelah mendapati HP kemasukan atau tersiram air adalah mematikannya. Ada beragam komponen kecil di dalam HP yang rentan rusak jika terkena air jadi segeralah untuk memastikan daya ponsel. 

Cara ini berguna untuk mencegah adanya korsleting listrik yang bisa menyebabkan masalah lebih parah pada ponsel Anda. Apalagi air bisa menciptakan sengatan listrik jika terkena dengan alat elektronik.

2. Selamatkan LCD HP

Cara mengatasi HP masuk air berikutnya yang harus segera dilakukan adalah mengeringkan bagian LCD HP menggunakan tisu atau kain. LCD merupakan salah satu bagian yang mudah rusak jika terkena air karena terbuat dari filamen lunak.

Material tersebut kurang tahan terhadap kelembaban air sehingga bisa muncul flek hitam pada LCD jika dibiarkan basah terlalu lama.

Baca Juga :  Transfer Uang Beda Rekening Tanpa Biaya Admin

3. Keluarkan Semua Komponen dari HP

HP terdiri dari berbagai komponen kecil yang mudah rusak jika terkena air jadi pastikan Anda segera mengeluarkan semua komponen tersebut, misalnya micro SD, SIM card, hingga baterai ponsel jika memang memungkinkan untuk dilepas.

Keringkan semua komponen tersebut menggunakan handuk atau tisu agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah pada komponen ponsel tersebut.

4. Rendam HP di Beras

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa beras bisa menjadi solusi untuk HP yang kena air. Ternyata, beras memang bisa dijadikan media untuk mengatasi HP yang terkena air karena beras dapat berfungsi secara baik dalam menyerap air.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal memasukkan HP ke dalam wadah beras dan pastikan HP tertutupi semua oleh beras selama 2-3 hari. Setiap beberapa jam, balik HP agar semua air yang ada di area ponsel dapat terserap lebih sempurna. 

5. Gunakan Silica Gel

Media lain yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan air dari ponsel adalah silica gel. Penggunaan bahan ini bisa menjadi solusi karena tidak akan menyebabkan embun pada ponsel yang sedang lembab karena tercebur air. 

Caranya juga tidak kalah mudah di mana Anda harus meletakkan HP di antara tumpukan silica gel selama 2 sampai 3 hari. Silica gel akan menyerap kadar air yang ada di ponsel sehingga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan.

6. Gunakan Vacuum Cleaner

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang tercebur air adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Vacuum cleaner yang digunakan di sini, bukanlah vacuum cleaner yang besar dan berkekuatan tinggi, melainkan khusus USB.

Sebelum menggunakan alat ini, pastikan Anda sudah mengeluarkan semua elemen kecil di dalam HP, seperti micro SD dan SIM card. Baru setelah itu, Anda bisa menggunakan alat ini untuk menarik air keluar dari dalam HP.

Baca Juga :  Cara Menjadi Agen JNE

Penutup

Cara mengatasi HP masuk air di atas bisa menjadi solusi jika Anda mengalami peristiwa yang tidak mengenakkan tersebut. Apabila tetap terjadi kerusakan, paling tidak cara ini bisa mengurangi risiko kerusakan yang lebih besar pada HP.

Nantikan tips-tips baru lainnya yang akan selalu kami update di website makinpinter.com.

Baru direkrut jadi salah satu author di blog MakinPinter.com. Kedepannya akan banyak belajar mengenai Optimasi SEO dalam menulis artikel

Tinggalkan komentar