Cara Screenshot Samsung A71

Cara screenshot Samsung A71 dengan perintah suara bisa dilakukan dengan mudah, tentunya jauh lebih praktis dan cepat ketika ingin menangkap tampilan gambar pada layar ponsel dibandingkan dengan harus menekan kombinasi tombol fisik yang cukup beresiko. Lantas, bagaimana cara kerja screenshot melalui suara ini?

Bagi Anda pengguna ponsel canggih besutan Samsung ini, kini tidak perlu repot harus melakukan pengaturan untuk mengaktifkan fitur screenshot, meskipun cara tersebut memang bisa menjadi alternatif dalam mengambil gambar pada layar, apabila screenshot melalui perintah suara terjadi kendala maupun error.

Cara screenshot Samsung A71 bisa dilakukan dengan beberapa metode, seperti melalui tombol fisik, fitur gesture, dan pintasan menu asisten. Metode ini bisa dilakukan di semua jenis ponsel Samsung. Apakah termasuk screenshot melalui perintah suara juga bisa dilakukan? Mari simak uraian selengkapnya dibawah ini.

Cara Screenshot Layar Samsung A71

Terdapat beberapa cara screenshot layar Samsung A71 dengan tangkapan gambar secara cepat dan mudah diakses, seperti Palm Swipe, screenshot panjang hingga menggunakan perintah suara. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Screenshot Melalui Palm Swipe

Palm Swipe merupakan fitur gesture yang memungkinkan screenshot layar cukup dengan usapan telapak tangan, fitur ini bisa diaktifkan melalui aplikasi pengaturan ponsel. Namun, bagi yang belum terbiasa mungkin cukup repot karena harus melakukan sapuan tangan terhadap layar agar bisa menangkap gambarnya.

Adapun langkah-langkah screenshot Palm Swipe sebagai berikut:

  1. Anda buka aplikasi pengaturan, pilih fitur lanjutan, lalu gerakan dan gestur. Kemudian aktifkan Swipe capture
  2. Setelah fitur tersebut aktif, anda cukup sapu layar dengan telapak tangan dari pinggir kanan ke kiri.
  3. Apabila screenshot berhasil dilakukan, maka bisa cek hasilnya di gallery
Baca Juga :  Cara Melihat ID Telegram

2. Screenshot Melalui Pintasan Menu Asisten

Cara screenshot layar Samsung selanjutnya bisa dengan menggunakan fitur Pintasan Menu Asisten yang terdapat pada menu aksesibilitas. Hanya saja akan sedikit terganggu dengan ikon bulat yang muncul pada layar, dimana ikon tersebut merupakan asisten untuk melakukan perintah screenshot dengan mudah.

Adapun cara mengaktifkan Pintasan Menu Asisten sebagai berikut:

  1. Anda buka menu pengaturan, pilih aksesibilitas dan klik menu interaksi dan kecekatan untuk mengaktifkan menu asisten
  2. Setelah menu asisten aktif, maka akan muncul ikon bulat pada layar ponsel secara melayang. 
  3. Klik ikon bulat tersebut untuk perintah screenshot layar, lalu Anda bisa cek hasilnya di aplikasi Gallery Samsung A71

3. Screenshot dengan Dua Jari

Cara screenshot layar Samsung A71 mungkin sudah umum dilakukan di semua ponsel Android, yaitu dengan menekan dua tombol secara bersamaan beberapa detik hingga muncul suara shutter untuk menghasilkan tangkapan layar. Hanya saja perlu ketepatan agar berhasil menangkap gambar pada layar ponsel.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menekan beberapa detik tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan. Namun, cara ini cukup beresiko terhadap fungsi tombol-tombol tersebut ketika digunakan terlalu sering. Maka dari itu, ada cara mudah dan praktis hanya dengan perintah suara. Apakah bisa?

Cara Screenshot Melalui Perintah Suara

Screenshot Samsung A71
Screenshot Samsung A71

Cara screenshot Samsung A71 dilakukan dengan cukup mengucapkan perintah screenshot dari suara penggunanya. Cara ini tidak hanya bisa dilakukan pada ponsel Samsung saja, melainkan bisa digunakan oleh semua merk ponsel. Lantas, bagaimana cara aktifkan screenshot melalui perintah suara?

Seperti diketahui, ponsel berbasis Android memiliki dukungan dari Google. Hal ini bisa ditemui dari banyaknya aplikasi dari Google yang terpasang pada ponsel. Contohnya seperti Gmail, Google Drive, Chrome, dan Google Asisten. Nah, untuk menangkap tampilan layar dengan perintah suara bisa melalui salah satu aplikasi Google tersebut.

Baca Juga :  Mengatasi Download Play Store Selalu Tertunda

Cara screenshot dengan perintah suara langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Asisten, atau bisa tekan dan tahan beberapa detik menu home hingga muncul Google Asisten
  2. Sebelumnya pilih terlebih dahulu area tampilan layar yang akan di screenshot, kemudian ucapkan “OK Google, Take Screenshot” pada aplikasi Google Asisten
  3. Maka perintah tersebut akan diproses hingga muncul gambar dari hasil screenshot, lebih praktis bukan?
  4. Hasil gambar screenshot bisa Anda bagikan kepada pengguna lain, dengan memilih aplikasi yang tersedia pada menu tersebut

Pada dasarnya screenshot melalui perintah suara ini bisa diaplikasikan di semua merk ponsel, apabila Anda belum punya aplikasi Google Asisten maka bisa download di Play Store. Dengan Google Asisten ini memudahkan screenshot layar cukup dengan suara, tidak perlu repot dan tanpa harus menekan tombol.

Cara Screenshot Panjang Samsung A71

Apabila Anda ingin menangkap tampilan layar agar dapat tercapture secara keseluruhan tanpa harus terpotong maupun dengan sambungan melalui proses edit, pada Samsung A71 tentunya bisa dilakukan dengan cara screenshot panjang melalui fitur yang sudah disediakan pada ponsel tersebut.

Adapun cara screenshot panjang Samsung A71 sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi pengaturan pada ponsel, lalu pilih menu fitur lanjutan, pilih gerakan dan gestur, kemudian aktifkan pilihan Smart Capture dengan geser toggle menjadi posisi on
  2. Kemudian pilih area tampilan pada layar yang akan di screenshot panjang, lanjutkan dengan proses screenshot
  3. Proses screenshot bisa menggunakan metode Palm Swipe, Fitur Pintasan Menu Asisten atau tombol dua jari
  4. Maka akan muncul popup menu Smart Capture, Anda ketuk ikon panah ke bawah hingga layar bergulir, lalu ketuk kembali secara berulang hingga mencapai batas yang diinginkan
  5. Setelah berhasil di screenshot, Anda bisa melihat hasilnya di Galeri ponsel
Baca Juga :  Cara Ganti Nama Facebook Lite

Cara screenshot ini sangat berguna ketika harus menangkap gambar layar yang harus seluruh halaman, misalkan mengabadikan dokumen atau tulisan tanpa harus terpotong. Maka dengan screenshot panjang ini tidak perlu lagi melalui tahapan edit gambar, Anda sudah bisa langsung menggunakan hasil tangkapan layarnya.

Kesimpulan

Sebagai pengguna ponsel canggih yang telah dilengkapi kemampuan menangkap gambar pada layar atau screenshot, memang sangat dibutuhkan keberadaannya. Maka dari itu, selalu ada pembaruan fitur yang bisa lebih memudahkan penggunanya, sehingga lebih efektif dalam melakukan screenshot.

Cara screenshot Samsung A71 tidak hanya mengandalkan tombol fisik saja, sudah ada fitur yang bisa diakses dengan mudah dan cepat, bahkan bisa dengan perintah suara melalui layanan yang disediakan oleh Google, yaitu Google Asisten. Aplikasi ini bisa digunakan di semua merk ponsel, sehingga pengguna ponsel Android sudah bisa merasakan fitur screenshot melalui perintah suara.

Bagi pengguna ponsel Samsung pada umumnya metode screenshot bisa dilakukan dengan tiga metode, yaitu melalui tombol fisik, memanfaatkan fitur gesture, dan pintasan menu asisten. Termasuk screenshot panjang yang cukup penting fungsinya dalam membantu menangkap gambar secara utuh tanpa terpotong.

Apalagi saat ini ponsel berbasis Android sudah menjadi suatu kebutuhan, karena berbagai kegiatan kini bisa dilakukan dalam ponsel. Mulai dari belajar, mengerjakan tugas, bisnis online dan lain sebagainya. Maka dari itu, fitur screenshot sangat membantu untuk mengabadikan sesuatu yang bisa dianggap penting dari kegiatan-kegiatan tersebut.

Avatar of Kiki

Baru direkrut jadi salah satu author di blog MakinPinter.com. Kedepannya akan banyak belajar mengenai Optimasi SEO dalam menulis artikel

Tinggalkan komentar