Cek Garansi Xiaomi dan POCO Dengan Mudah

Seberapa penting sih kita harus cek garansi Xiaomi, POCO phnones dan keluarga smartphone Xiaomi lainnya? Oke, disini akan dijelaskan pentingnya cek garansi smartphone Anda.

Ketika Anda hendak membeli smartphone atau gadget lainya, salah satu hal yang paling penting untuk diketahui adalah garansinya. Ini bertujuan memudahkan Anda ketika hendak klaim garansi jika sesuatu terjadi pada smartphone yang Anda miliki.

Perlu Anda ketahui, bahwa sekarang ini ada dua jenis garansi yang beredar di Indonesia, diantaranya adalah garansi resmi dan garansi Internasional. Dari kedua jenis garansi ini cara klaimnya cukup berbeda, dimana garansi resmi lebih mudah jika dibandingkan garansi Internasional.

Salah satu pengalaman saya ketika akan klaim garansi Xiaomi Redmi Note 9, salah seorang petugas dari Xiaomi Service Center menanyakan dus pembelian untuk memastikan garansi resmi Indonesia atau bukan. Karena jika bukan garansi resmi Indonesia, mereka akan menolak untuk memperbaikinya.

Disinilah pentingnya Anda untuk cek garansi Xiaomi, POCO dan keluarga Xiaomi lainnya. Dalam kesempatan kali ini Anda akan diberi tahu beberapa cara untuk cek garansi hp Xiaomi dengan mudah.

1. Cek Garansi Xiaomi Lewat Boks

Cara paling mudah untuk mengecek garansi pada smartphone Xiaomi Anda adalah dengan melihat kotaknya. Jika ada logo TAM yang tercetak di atasnya itu pasti produk resmi dan Anda bisa mengklaim garansi.

TAM adalah distributor resmi Xiaomi di Indonesia. TAM adalah singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri.

Baca Juga :  Cara Ganti Nama Facebook Lite

2. Cek Garansi Lewat IMEI

IMEI adalah tanda pengenal handphone (HP) resmi dan tentunya semua handphone mempunyai kode IMEI ini. Temukan IMEI ponsel atau smartphone Anda dengan memasukkan kode *#06#.

Setelah mengetahui nomor IMEI, kunjungi situs verifikasi IMEI Kementerian Perindustrian di https://imei.kemenperin.go.id. Masukkan IMEI ponsel Anda dan pastikan IMEI sudah terdaftar di database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Jika IMEI masuk dalam database Kementerian Perindustrian berarti smartphone atau ponsel tersebut telah melalui proses penjualan resmi dan telah diverifikasi oleh service center Xiaomi.

3. Cek Garansi Xiaomi Secara Online

Garansi Xiaomi dapat ditemukan di halaman resmi Pendaftaran Produk Xiaomi di http://buy.mi.com/id/registration. Masukkan IMEI Anda di kolom yang disediakan tunggu hasilnya.

Smartphone resmi Xiaomi tidak hanya menampilkan informasi pembelian di negara Indonesia tetapi juga informasi seperti waktu produksi dan garansi.

Beberapa Pertanyaan Yang Sering Muncul

Bagaimana cara cek garansi Xiaomi?

Anda bisa melakukan cek garansi Xiaomi dengan 3 cara mudah diantaranya adalah dengan melihat bagian luar box, menggunakan IMEI dan cek secara online.

Berapa masa garansi Xiaomi?

Masa garansi smartphone Xiaomi adalah 1 tahun.

Apa itu Tam di HP Xiaomi?

TAM adalah distributor resmi Xiaomi di Indonesia. TAM adalah singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri.

Di atas adalah beberapa cara untuk cek garansi Xiaomi dan ini juga berlaku untuk cek garansi POCO phones Anda. Wajib untuk diketahui bahwa Xiaomi hanya memberigkan garansi satu tahun yang hanya berlaku untuk kerusakan yang disebabkan oleh bukan karena kesalahan manusia (human error).

Semoga tutorial cara cek garansi Xiaomi resmi ini bisa membantu Anda mempermudah dalam klaim garansi jika suatu waktu hp Xiaomi Anda mengalami kerusakan.

Artikel Baru:
Baca Juga :  Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Dengan Aplikasi JMO
Avatar of Kiki

Baru direkrut jadi salah satu author di blog MakinPinter.com. Kedepannya akan banyak belajar mengenai Optimasi SEO dalam menulis artikel

Tinggalkan komentar