Penyebab HP Dicas Lama Penuh yang Wajib Diketahui

Pernahkah Anda merasa baterai ponsel terlalu lama penuh ketika dicas? Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja karena memang ada banyak penyebab HP dicas lama penuh, baik itu dari faktor ponselnya sendiri, charger maupun dari faktor lainnya.

Pengisian baterai ponsel yang tidak kunjung penuh tentu akan membuat jengkel karena harus menunggu dalam waktu lama untuk menggunakan ponsel lagi. Oleh Untuk itu, Anda harus tahu penyebabnya agar tepat dapat memilih solusinya.

Penyebab HP Dicas Lama Penuh yang Wajib Diketahui

Penyebab HP Dicas Lama Penuh dan Solusinya

Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan HP dicas memakan waktu yang lama:

1. Kabel Charger Rusak

Pertama kali yang harus Anda cek ketika android dicas lama penuh adalah kabel charger. Alat pendukung pengisi daya ini selalu digunakan ketika Anda ingin ngecas HP dan sangat mungkin jika masalah yang terjadi disebabkan karena kabel rusak.

Kabel charger yang mengalami masalah atau rusak, tentu tidak bisa menghantarkan aliran listrik dengan benar sehingga proses charger akan terganggu. Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengganti kabel charger dengan kabel baru atau lainnya.

2. Adapter Rusak

Penyebab HP dicas lama penuh yang lain adalah karena adapter sedang rusak. Selain kabel charger, adapter juga bisa mengalami kerusakan, apalagi kita telah menggunakan adapter tersebut setiap hari jadi besar kemungkinan terjadi kerusakan.

Sebenarnya, pabrik ponsel sudah membuat adapter dengan tingkat kekuatan yang lebih tinggi dibanding ponsel, namun arus listrik yang mengalami penurunan bisa membuat adapter cepat rusak. Apalagi jika kondisi tersebut terjadi saat Anda ngecas.

Baca Juga :  Mengaktifkan Dark Mode Instagram, WhatsApp Dan Facebook

3. Baterai Ponsel Rusak

Selanjutnya, kerusakan lain juga bisa terjadi pada baterai ponsel itu sendiri sehingga daya listrik tidak mau mengisi baterai. Umumnya, baterai ponsel memiliki usia pemakaian yang berbeda-beda jadi baterai bisa rusak setelah memasuki usia tersebut.

Selain itu, cacat produksi juga bisa menjadi alasannya namun kondisi ini biasanya akan disadari setelah Anda membeli ponsel. Jika sistem baterai pada ponsel adalah removable, maka Anda bisa membeli baterai baru dengan kondisi yang lebih baik.

Sekarang ini, mungkin lebih banyak ponsel yang memiliki baterai tanam sehingga tidak bisa dilepas. Untuk itu, cara mengatasi yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke tukang service agar bisa dilakukan ganti baterai.

4. Ponsel Sudah Lama

Faktor lain yang mungkin menyebabkan ponsel lama ngecas adalah usia ponsel yang sudah lama. Ponsel keluaran terbaru biasanya sudah disematkan spesifikasi yang lebih canggih, seperti fitur fast charging yang bisa mempercepat waktu mengecas.

Bagian prosesor yang digunakan juga berperan dalam cepat atau tidaknya ponsel mengisi baterai. Waktu normal pengisian baterai hingga penuh sekitar 2 sampai 3 jam, bahkan ponsel terbaru bisa lebih cepat dalam mengisi baterai ponsel.

Jika masalah lamanya pengisian baterai karena hal ini, maka langkah satu-satunya yang bisa dilakukan adalah ganti ponsel baru. Pilihlah ponsel yang memiliki spesifikasi dan fitur yang bagus untuk mempercepat charging baterai.

5. Aplikasi Terbuka di Background

Penyebab terakhir yang wajib Anda ketahui adalah banyak aplikasi yang masih terbuka di background. Sering kali, kita tidak menyadari bahwa masih ada aplikasi terbuka di latar belakang dan hal ini bisa mengganggu pengisian baterai ponsel.

Aplikasi yang masih terbuka akan menyedot daya baterai yang sudah masuk jadi pengisian baterai terkesan tidak maksimal. Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menutup semua aplikasi yang ada di latar belakang.

Baca Juga :  Cara Dapat Uang Online Terbaru Dari Rumah

Penutup

Bagi Anda yang menjumpai penyebab HP dicas lama penuh di atas, maka lakukanlah cara sesuai dengan penyebabnya. Jika memang diperlukan penanganan lebih lanjut, Anda bisa membawanya ke jasa service ponsel terpercaya.

Baru direkrut jadi salah satu author di blog MakinPinter.com. Kedepannya akan banyak belajar mengenai Optimasi SEO dalam menulis artikel

Tinggalkan komentar