Inilah 7 Investasi Wanita Single yang Jitu

Statement bahwa wanita hanya bisa bekerja sebagai ibu rumah tangga, kini mulai terkikis sejak adanya emansipasi dan kesetaraan. Tidak hanya kaum laki-laki, saat ini banyak juga wanita yang sukses dalam berkarier. Namun sayang, masih banyak wanita single di luar sana, baik yang sudah menikah atau belum, merasa kesulitan untuk mengatur keuangannya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penting bagi wanita single untuk mulai berinvestasi. Akan tetapi, investasi wanita single apa saja yang cocok? Berikut ini beberapa rekomendasinya.

7 Rekomendasi Investasi Wanita Single

Dengan kemudahan mencari informasi di internet serta kemajuan teknologi di era 4.0, kini kamu bisa memulai investasidenganragam pilihan instrumen. Bahkan, kini sudah banyak aplikasi yang akan memberimu kemudahan ekstra dalam kegiatan investasi. Berikut ini beberapa rekomendasi investasi yang cocok jika kamu seorang wanita single.

1. Investasi Reksa Dana

Produk investasi pertama yang bisa jadi pilihan wanita single adalah investasi reksa dana. Instrumen investasi sangat sederhana, minim risiko, dan yang paling penting bisa dimulai dengan modal yang kecil.

Tidak hanya cocok untuk para wanita muda milenial, tetapi wanita single parent juga bisa memanfaatkan reksa dana untuk mendapatkan cuan tambahan. Apalagi dengan berinvestasi di reksa dana, modal kamu akan dikelola oleh manajer investasi sehingga kamu bisa bebas worry.

2. Investasi Emas

Hampir semua wanita menyukai emas dan perhiasan. Bukan hanya sekadar untuk koleksi, emas juga sangat cocok untuk investasi wanita single. Seperti yang kamu tahu bahwa investasi emas lebih tahan terhadap inflasi daripada tabungan di bank. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk berinvestasi pada produk-produk emas.

3. Deposito Berjangka

Instrumen investasi wanita single berikutnya adalah deposito berjangka. Jenis investasi ini cocok untuk wanita single maupun investor pemula karena risiko lebih rendah dan modal yang diperlukan relatif lebih kecil.

Baca Juga :  Kenal Aplikasi Bibit dan Cara Daftarnya

Pada dasarnya deposito berjangka merupakan jenis simpanan pada sebuah bank, yang dijamin oleh LPS dengan angka di bawah 2 miliar. Prinsip yang diambil juga hampir sama dengan menabung. Bedanya, simpanan ini hanya bisa diambil dalam jangka waktu yang telah ditentukan, misalnya 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.

4. Unit Link

Jika kamu mencari sebuah investasi yang juga merupakan produk asuransi, Unit Link merupakan jawaban yang tepat. Unit Link adalah jenis asuransi non tradisional yang mengombinasikan investasi dan juga asuransi. Jadi, nasabah atau investor dapat merasakan keuntungan investasi dan asuransi hanya dengan 1 produk investasi saja.

Asuransi Unit Link juga memiliki premi yang rendah, jadi bagi seorang wanita single dengan lebih sedikit tanggungan akan merasa sangat terbantu dengan produk satu ini. Namun, bukan berarti unit link adalah produk tanpa risiko. Oleh karena, itu kamu harus bisa memilih produk unit link secara teliti dan bijak.

5. Investasi Saham

Instrumen investasi lain yang cocok untuk wanita single adalah investasi saham. Saham adalah primadona dari dunia investasi. Bagaimana tidak, investasi saham memiliki peluang keuntungan yang sangat besar. Namun, seperti yang kamu tahu, setiap keuntungan yang besar juga memiliki risiko yang besar juga.

Sebelum melakukan investasi saham, kamu harus memastikan memiliki pengetahuan dan wawasan dasar seputar dunia saham dan perusahaan yang akan kamu pilih. Investasi wanita single ini menuntutmuuntuk selalu aktif dan update terhadap berita investasi saham terkini.

6. P2P Lending

Investasi selanjutnya yang bisa jadi rujukan adalah peer to peer lending yangberbentuk skema pembiayaan yang mempertemukan investor dengan perusahaan untuk mencapai mufakat. Tidak perlu risau soal aman atau tidaknya P2P lending karena segala jenis transaksi akan diawasi langsung oleh OJK.

Baca Juga :  Aplikasi Investasi Emas Paling Direkomendasikan

Reverage pengembalian dari investasi ini bisa mencapai 14% hingga 20%. Oleh sebab itulah, instrumen investasi ini menjadi favorit para pemula maupun profesional karena prosesnya mudah dan keuntungannya besar.

7. Obligasi SBN (Surat Berharga Negara)

Instrumen ini merupakan investasi yang memiliki objek berupa surat berharga negara, seperti surat utang negara. Investasi ini memiliki peluang yang sangat besar dan aman karena dijamin langsung oleh pemerintahan.

Obligasi terbagi jadi 3 jenis, antara lain adalah SBR (saving bond ritel), SBSN (Syarat Berharga Syariah Negara), dan juga ORI (Obligasi Negara Ritel). Jika kamu seorang wanita single, kamu juga bisa mulai berinvestasi pada instrumen ini karena aman dan menjanjikan keuntungan yang cukup besar, yaitu lebih dari 6%.

Nah, itu dia 7 jenis investasi wanita single yang bisa kamu pilih. Dengan berinvestasi, wanita single pun bisa mendapat tambahan cuan serta memiliki keuangan yang lebih stabil. Jadi, selamat mencoba!

Bantu share artikel ini di sosial media kamu ya, biar banyak wanita single lainnya yang bisa terbantu dan memulai untuk berinvestasi.

Artikel Baru:
Avatar of Kiki

Baru direkrut jadi salah satu author di blog MakinPinter.com. Kedepannya akan banyak belajar mengenai Optimasi SEO dalam menulis artikel

Tinggalkan komentar