Tips Investasi Emas yang Aman

Setiap orang perlu melakukan investasi sebagai bentuk tabungan di masa yang akan datang. Salah satu investasi yang dinilai sangat prospek dan serta menguntungkan adalah investasi emas.

Jenis instrumen investasi satu ini sangat berguna bagi Anda jika dilakukan dengan tips atau cara yang benar. Bahkan investasi emas juga sangat cocok bagi investor pemula karena mudah dipahami. 

Selain mudah, investasi emas juga sangat menguntungkan karena harga emas terbilang akan terus melonjak. Dengan banyak kelebihan tersebut tak heran jika jenis investasi perhiasan ini semakin banyak digemari.

Tips Aman Investasi Emas

Tips Aman Investasi Emas

Meskipun mudah bukan berarti Anda menyepelekan cara bermain dalam investasi emas. Agar tidak salah langkah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan: 

1. Memilih Emas Logam Mulia

Ketika akan berinvestasi untuk kategori emas maka sangat disarankan untuk memilih logam mulia. Emas jenis ini sangat prospek untuk dipilih daripada emas yang bentuknya perhiasan atau sejenisnya.

Emas dalam dalam bentuk perhiasan harganya cenderung tidak stabil dan jika dijual kembali harganya akan turun. Apalagi, emas tersebut akan bagian yang rusak meskipun kecil maka harga jualnya akan merosot tajam.

Tetapi untuk emas dengan logam mulia harganya cenderung lebih tinggi dari harga beli. Anda bisa melakukan investasi emas di pegadaian dengan cara-cara tertentu sesuai petunjuk yang ada di lembaga tersebut.

Selain pegadaian, kamu juga bisa melakukan investasi emas di bank dengan sistem cicilan atau tunai. Setiap bank memiliki aturan tertentu terkait sistem investasi ini dan pastinya akan tetap menguntungkan bagi kamu.

Baca Juga :  Aplikasi Reksa Dana Terbaik OJK

2. Melihat Pergerakan Harga Emas

Dalam melakukan investasi, Anda perlu menganalisa lebih mendalam tentang pergerakan harga emas. Pergerakan harga ini bisa dilihat di internet dengan sangat mudah dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Jadi sebelum melakukan pembelian emas logam mulia, kamu perlu melakukan pengecekan secara online. Ada beberapa cara dalam melihat dan menganalisa pergerakan harga ini seperti halnya menganalisa pergerakan harga saham.

Jika proses analisa ini sudah selesai, kamu bisa melakukan investasi emas online baik di marketplace atau di aplikasi lainnya pembelian emas. Jika ingin lebih aman dengan sistem online, pastikan marketplace atau aplikasi tersebut sudah banyak dikenal online dan terpercaya.

3. Investasi Jangka Panjang

Dalam berinvestasi emas, Anda harus berpikir uang tersebut untuk jangka beberapa beberapa tahun ke depan. Paling sedikit, investasi emas ini perlu dilakukan selama kurun waktu 1 tahun ke depan.

Pilihan pada jangka panjang ini alasan mendasarnya adalah agar profit yang Anda dapatkan besar. Jika investasi hanya dalam jangka waktu sebulan hasilnya kurang begitu terasa karena kenaikan hanya beberapa persen saja.

Tetapi jika investasi dalam jangka waktu minimal satu tahun maka hasil yang didapatkan bisa lebih dari 10 persen. Tetapi kenaikan ini tentu tetap bergantung pada bagaimana Anda bisa melihat atau mengecek pergerakan harga emas.

Jika ingin melakukan hal di atas, kamu juga bisa melakukan investasi emas di Tamasia, Pegadaian dan aplikasi terpercaya lainnya sebagai salah satu marketplace terbaik. Pada aplikasi ini kamu bisa berinvestasi emas dengan nominal yang begitu kecil dan bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Baca Juga :

4. Menabung Emas Secara Rutin

Dalam berinvestasi, Anda tidak harus membeli logam emas mulia secara langsung atau tunai. Proses investasi bisa dilakukan dengan cara menabung secara rutin di platform terpercaya dan terdaftar di OJK.

Baca Juga :  Kenal Aplikasi Bibit dan Cara Daftarnya

Kaitannya dengan menabung, Anda bisa melakukan investasi emas terbaik di beberapa marketplace. Di media tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena uang yang dimiliki akan tetap aman dan tidak akan ditipu.

Jika tidak melalui marketplace, Anda juga bisa melakukan investasi di media lain yang terpercaya. Memilih media ini sangat penting agar uang yang dimiliki benar-benar aman dan bisa menghasilkan di masa yang akan datang.

Dalam menabung emas ini jumlah tidak harus besar tetapi yang dibutuhkan adalah tetap dilakukan secara rutin. Dengan menabung secara konsisten akan membuat Anda bisa lebih berkembang dan menghasilkan.

Proses menabung emas bisa dimulai dari menyisihkan beberapa persen dari uang gajian yang Anda miliki. Jika tidak dilakukan perbulan, Anda  juga bisa melakukan per minggu atau per hari secara konsisten.

5. Melakukan Pembelian Di Tempat Terpercaya

Untuk melakukan investasi, Anda bisa membeli emas logam mulia di tempat yang terpercaya. Banyak sekali tempat terpercaya yang bisa dipilih baik melalui media sosial atau di marketplace.

Proses pembelian melalui media sosial memang resikonya sangat tinggi karena uang yang kamu miliki langsung masuk ke rekening penjual. Sedangkan proses pembelian melalui marketplace jauh lebih aman karena uang yang didepositokan tidak langsung masuk ke rekening penjual.

Penutup

Secara garis besar, investasi emas memang sangat layak untuk dipilih sebagai media untuk mendapatkan profit. Cara investasi ini sangat mudah dilakukan meskipun secara online dan perlu dilakukan di tempat-tempat yang terpercaya. Solusi terbaik dalam berinvestasi ini adalah bisa dilakukan di marketplace terpercaya.

Artikel Baru:
Avatar of Kiki

Baru direkrut jadi salah satu author di blog MakinPinter.com. Kedepannya akan banyak belajar mengenai Optimasi SEO dalam menulis artikel

Tinggalkan komentar